Langsung ke konten utama

30 Inspirasi Model Kebaya Pernikahan Adat Minang Asli

Menikah adalah sebuah moment yang sangat sakral, maka dari itu tentu saja anda harus menyiapkan banyak hal dalam hal ini misalkan menyiapkan kebaya atau baju pengantin baik untuk wanita, pengantin pria sampai dengan keluarga besar anda.

Beberapa desain setelan kebaya akad nikah sampai dengan resepsi khas minang kabau ini cocok anda gunakan sebagai penambah inspirasi anda dalam mencari ide ide menarik ketika akan menikah nanti. Selanjutnya anda bisa memesan kebaya tersebut ke butik langganan anda atau hanya sebatas kostum dan menyewa jika ingin lebih murah dari sisi bajed.

Berikut beberapa ide kebaya pernikahan khas minang asli yang bisa anda perhatikan semoga saja ada yang sesuai dengan selera anda selama ini.

Model Kebaya Pernikahan Adat Minang

Tanpa banyak basa basi, kalian cek langsung saja ya koleksi terlengkap terbaru kebaya pernikahan ala minang kabau ini.


Sedikit mengulas mengenai sejarah dan tahapan ketika kalian ingin menikah dengan menggunakan adat minang setidaknya ada beberapa tahanpan yang harus kalian lalui.

Yang pertama adalah dikenal dengan istilah Maresek dimana ini wajib dilakukan sebelum acara pernikahan berlangsung.

Maresek sendiri merupakan sebuah proses sebelum menikah dimana semua anggota keluarga pengantin melakukan proses lamaran.

Uniknya disini adalah, yang melamar adalah keluarga pengantin wanitanya bukan pria. Berbeda sekali bukan dengan adat yang ada di pulua jawa dan yang lain.

Namun, dalam adat minang kalau misalkan kalian berpisah maka yang pria tidak mendapatkan apa apa nah maka tentu setia adalah menjadi harga mati dong.

Yap hal ini juga berkaitan dengan sebuah budaya yang ada di Minangkabau dimana menggunakan garis keterunan matrilineal.

Dimana selain itu yang berhak atas semuanya dalam proses ini adalah seorang ibu sedangkan sang ayah dari pengantin wanita tidak terlalu memiliki andil dalam prosesi lamaran pernikahan, karena keputusan merupakan hak prerogatif dari keluarga ibu mempelai wanita.

Tentu saja dalam hal ini sama saja ada negosiasi disana yang akan menemukan sebuah kesepakatan bersama. Nah kalian sambil membaca bisa lihat lihat juga ya model kebaya akad nikah dan resepi ala minang ini.

Baik sekarang kita mencoba mengulas apa saja nih kegiatan yang ada setelah prosesi pernikahan berlangsung kira kira dibawah ini akan saya jelaskan dengan singkat saja.

Semuanya mungkin akan berbeda dengan budaya di pulau lain. Di Minangkabau setelah kalian menikah maka kalian wajib tinggal di rumah si perempuan.

Kerenya lagi, kalian yang lelaki akan di wajibkan membawa semua harta kalian kesana, apakah kamu punya mobil, motor, lemari berharga dan yang lain semua harus dibawa ke rumah perempuan.

Dengan kata lain, wanita akan menjadi pusat kontrol dari semuanya. Sedangkan pada beberapa kasus, banyak malahan yang memilih tinggal di tempat lain bukan di minang karena mereka bisa jadi hidup secara bersama dengan harta bersama tidak terikat oleh mertua, mungkin kalian akan berlaku demikian pada tahun tahun ini.

Sietem Perkawinan di Minangkabau

Secara adat minang perkawainan disana dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah perkawinan ideal dan pantang.

Apa perbedaanya, ya secara singkat jika kawin ideal ini memiliki makna adalah orang minang di harpkan menikah dengan sesama mereka, dalam arti orang terdekat yang sudah kenal dari dulu baik keluarga dan personal.

Secara detail, kalian bisa baca saja ya lebih jauh. Karena ulasan ini hanya fokus memberikan kamu inspriasi desain model kebaya pernikahan adat minang saja. 

Kita lanjut yuk simak beberapa tambahan model ini.

Kalian tidak hanya bisa melihat aneka desain kebaya kostum nikahan khas minang saja. Namun beberapa ide kebaya pengiring pengantin juga bisa kalian jadikan inspirasi.

Secara umum dari sisi dekorasi memang unik dan khas. Akan tetapi saat ini banyak yang sudah mengalami modifikasi sehingga lebih modern.

Penggunaan jas bagi mempelai pria juga menjadi ciri khas dalam budaya minang. Desainya juga unik dan memberikan symbol yang sangat bermakna sekali.

Selain menggunakan ikat di kepala, kalian juga bisa mencoba menggunakan kopiah khas minang ini. Desain kebaya pernikahan muslim minang simple memang dan ini salah satunya dengan mengusung tema warna populer yakni putih.


Sebuah mahkota dai atas kepala pengantin wanita ini wajib memang dalam adat pernikahan Minangkabau. Sebuah simbol ratu sehari yang sangat membuat anda semakin mempesona dan sempurna.

Lebih banyak lagi, scrol kebawah ya kami sajikan tambahan yang lain. Dimana ini hasil kombinasi gaya minang asli juga khas mirip dengan ala ala india, apakah kalian tertarik mencobanya?


Dekorasi Pernikahan Khas Minangkabau

Buat kamu yang mencari ide dekorasi kami sajikan juga nih. Dimana ini sangat mewah dengan warna gold perpadan putih. Dimana korsi di depan akan di isi oleh kelurga besar kalian dan tentu bisa diseting akad nikah sekaligus resepsi.









Bagaimana, apakah kalian tertarik dengan desain busana kebaya pernikahan khas Minang ini. Tentu saja kalian bisa mencoba perpaduan yang mana saja asalkan cocok sesuai dengan selera bersama semoga langgeng dan bahagia sampai akhir hayat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

34 Model Kebaya Encim Modern Muslim Terpopuler Lengan Panjang Pendek

48+ Model Rok Span Batik 2020