Rabu, 15 Juni 2016

5 Cara Melatih Kemampuan Berpikir Kritis

Banyak Cara yang bisa anda lakukan untuk  melatih kemampuan dalam berpikir. Kemampuan dalam bepikir dan menjadi manusia yang keritis tentulah sangat susah didapatkan, banyak orang pintar seperti Dokter, guru besar, profesor namun kemampuan mereka dalam berpikir kritis masih dipertanyakan. 

Namun lain halnya dengan para anggota DPR di Senyan sana, saya mengakui kebanyakan mereka pinter mbacot dan ini masuk dalam kategori berpikir kritis namun sikapnya masih terlihat sinis dan selalu membaut rakyat menangis.

Namun dalam tulisan ini saya tidak membahas sikap melainkan cara melatih kemampuan berpikir kritis itu seperti apa dan bagaiamana. Berikut adalah tips yang dapat anda lakukan supaya anda biasa dan terlatih dalam berpikir kritis, mampu  memecahkan masalah dengan cepat dan berbicara dengan lancar.


1 Banyaklah membaca
Ini adalah syarat yang paling mutlak yang harus dipenuhi, orang yang banyak membaca pasti memiliki banyak pengetahuan, bangunlah pola pemikiran anda yang berawal dari rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu yang tinggi akan membawa anda kejalan yang lebih luas dalam menghadapi segala probelmatika dalam hidup.

2. jangan berhenti pada satu sumber
Ini sering saya lakukan selama beberapa tahun belakang ini, dan ketika ada acara debat antar jurusan metode ini bisa bikin saya banyak berkelit padhal sama sekali tidak memiliki materi seperti lawan debat yang lain, dan alhamdulilah bisa nyabet juara 3  satu kampus.
Menagapa saya menyarankan memilih beberapa sumber, karena pada dasarnya satu buku mewakili satu pemikiran, dua buku mewakili dua pemikiran dari para pengarangnya sedangkan ilmu pengethuan itu sangat fleksibel berbeda berdasarkan adat, budaya, daerah bahkan Negara . Jika anda ingin terlihat pintar maka banyaklah mengoleksi pemikiran-pemikiran dengan sumber yang berbeda.

3. Tanamkan sikap skeptic dalam diri anda
Sikap ini lebih mengarah pada cara pandang kita terhadap suatu teori dan disiplin ilmu. Skeptica akan membawa anda pada pergolakan batin dan tidak gampang dalam mempercayai suatu ungkapan, sikap ini akan cendrung memberontak dan terus berkembang menuju pemikir-prmikir yang tidak pernah puas. Pemikir skeptic adalah mereka-mereka yang selalu mempertanyakan ulang apa yang sudah ia dapatkan. Contoh pemikir ini, Albert Einsten, Karl Marx, Ibn Araby dan masih banyak yang lain.

4. Mulailah berbicara
Ini mungkin tahap final dari semuanya, karena orang yang tidak mampu berbicara dengan baik maka sia-sia saja. Misalkan anda memilik pengetahuan tinggi, namun tidak mampu menyampaikanya dengan baik dan bahkan membingungkan audenc anda, maka bisa disimpulakan anda sudah gagal. Pemikir kritis selain memiliki kecakapan berbicara juga memiliki kamampuan menulis meskipun masih amburadur kayak tulisan ini.

5. Take action,
Jika anda ingin dianggap memiliki pemikiran kritis, mulailah peraktik.
Salam…
Semoga bermanfaat…