10 Tips Aman Berbelanja Oneline

Tips aman berbelanja oneilne – Bisnis onelien merupakan salah satu trand yang tidak bias dipisahkan dari konsumen. Konsumen adalah mereka yang selalu aktif dalam memantau harga dan memiliki keingianan untuk membeli. Dalam tulisan ini saya akan mebagikan kepada sahabat semua tentang tips aman berbelanja onelien. Banyak kita jumpai kasus-kasus yang tidak menyenangkan dengan bisnis onelien, semakin banyaknya usaha onelien bukan menutup lemungkinan semakin banyak juga peluang untuk berbuat culas dengan jalan penipuan oneline. Tentunya kita sebagai konsumen harus jelli melihat semua ini janagan sampai terkena bujuk rayuan seorang penipu.


Dalam sebuah kasus di dunia maya pada umumnya, banyak sekali yang mengalami penipuan. Setelah melakukan transaksi kemudia ditinggal oleh orang yang menawarkan barang ataupun jasa. Perhatikan bebeberapa hal berikut ini supaya anda terhindar dari penipuan bisnis Oneline :

1.      Jika anda berbelanja dan menggunakan jasa lewat facebook ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Jika ada orang yang  menawarkan anda jasa atau barang maka periksa profil orang itu dengan baik. Jika dia mengguanakan nama dan Foto yang tidak jelas dan jumlah pertemanan serta intraksi di berandanya tidak meyakinkan maka jangan anda lakukan transkasi dengan orang ini. Di facebook khususnya banyak sekali akun cloningan yang menawarkan barang dan jasa yang sangat menggiurkan.
2.      Jika anda sudah yakin dengan salah satu orang yang menawarkan jasa kepada anda dan akan melakukan transaksi atau transfer uang maka cobalah cek nama lengakp orang itu melalui internet. Biasanya jika namanya benar maka akan muncul di mesin pencarian.
3.      Jangan mengirimkan uang dalam jumlah besar. Jika anda ditawarkan barang dengan harga 5 juta kemudian disuruh mengirm DP setengahnya saya sarankan jangan mau. Lebih baik anda meminimalisir dahulu daripada nyesal kemudian
4.      Usahakan langsung ketemu dengan orangnya
5.      Korek informasi sedetail mungkin dengan barang yang akan anda beli
6.      Jika anda sudah tertipu maka langkahnya adalah laporkan Nomer rekening penipu tadi ke Bank yang digunakan.
7.      Bertanya dengan teman anda terlebih dahulu, mungkin dianatara teman ada ada yang sudah mengenal betgul orang dan seluk-beluk jasa dan barang yang akan anda beli.
8.      Jika anda berbelanja onelien pada sebuah web maka saya sarankan pilihlah web yang sudah besar dan memiliki kredebilitas yang baik. Jika di Indonesia saya sarankan anda berbelanja onelien lewat lazada.
9.      Jika anda menggunakan sebuah jasa , maka jangan bayar dulu jasa orang itu sebelum kerjaanya terselesaikan, namun anda juga harus konsisten dengan janji yang anda pegang dengan patner kerja anda.
10.  Perhatikan track record tempat anda berbelanja. Biasanya seseorang yang atau organisasi oneline yang menawarkan jasa atau barang akan terlihat berbeda dari segi rupa dan model penawaran.
Inilah 10 cara aman dalam berbelanja oneline, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda semua . Salam.