Senin, 17 Februari 2014

Manfaat Analisis SWOT dalam Dunia Bisnis



Analisis SWOT
Manfaat  Analisis SWOT dalam Dunia Bisnis – Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan ulasan pada anda tentang pengertian analisis SWOT dan manfaatnya dalam dunia bisnis. Analisis ini memang memili banyak fungsi dalam kehidupan kita. Analisis SWOT bisa digunakan untuk memprediksi sebuah peluang usaha atau bisnis, dalam bidang pendidikan dan pemerintahan. Dari latar belakang inilah kita bisa memahami jika sebuah pengertian adalah landasan awal yang bisa anda gunakan dalam menyusun dan menentukan kemana anda akan melangkah.

Secara makna kata analisis SWOT diartikan sebagai sebuah cara yang menggabungkan penalaran tentang sebuah kelebihan, kekurangan, peluang dan ancaman yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Mislakan dalam beberapa contoh kasus yang terjadi dalam bidang bisnis. Anda bisa menggunakan analisis ini sebelum anda memulai bisnis anda.


Manfaat  Analisis SWOT dalam Dunia Bisnis


Kaji kekuatan bisnis anda
Mengkaji kekuatan bisnis anda tentu merupakan hal yang sangat penting. Jika anda tahu dimana letak kekuatan bisnis anda dibandingakan dengan bisnis orang lain maka tidak menutup kemungkinan bisnis anda akan menguasai pasar domestic dan internasional.

Kaji kekurangan bisnis anda
Kekurangan adalah bagian dari sebuah evaluasi menyeluru untuk menigkatkan kinerja bisnis. Jika kita tidak mampu memahami dimana letak kekurangan bisnis kita maka dapat dipastikan bisnis yang anda jalani akan kalah bersaing dengan orang yang selalu melakukan modifikasi bisnis secara berkesinambungan.

Kaji peluang bisnis anda
Peluang merupakan sebua celah kecil yang memungkinkan anda untuk meyelinap dan mendongkraka popularitas bisnis anda ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Beda produk yang anda tawarkan maka peluang untuk menguasai pasar juga akan berbeda. Pntar-pintarlah dalam mencari peluang terdekat dalam mengembangkan bisnis anda.

Kaji ancaman yang mungkin terjadi
Ancaman adalah sebuah proses yang akan terjadi kapan saja. Khususnya bagi anda yang memiliki jiwa bisnis tentu akan memahami hal ini. Sebuah ancaman akan muncul dari beberapa faktor, enta itu dari lingkungan internal dan eksternal. Kunci kesuksesan bisnis adalah adanya sebua rencana besar di balik sebuah kegagalan. Jika anda mendapatkan ancaman maka siapkan amunisi apa yang harus ada dalam memecah ancaman itu. Misalnya : Kekuatan imajinasi anda meramal masa depan pasar dann selera konsumen yang cendrung berubah.

Inilah manfaat analsis SWOT dalam mengembangkan bisnis anda. Ketahuilah jika tidak ada sebua proses yang berjalan mulus, pasti akan mengalami hambatan, rintangan, dan ancaman dimasa yang akan datang. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda semua.