Rabu, 13 Agustus 2014

5 Penyebab Dasar Kegagalan Bisnis Oneline

5 penyebab dasar kegagalan bisnis oneline – Pagi ini rasanya ada yang mengganjal dipikiran saya, setalah beberapa menit mencari info tentang bisnis oneline rata-rata yang nongol dipage one malah arah pembahasanya tidak ada yang jelas, membingungkan dan susah untuk dimengerti. Kondisi ini membuat saya ingin menulis tema kali ini yang terangkum dalam sebuah topik 10 penyebab dasar kegagalan bisnis oneline.
Bagi saya pribadi bisnis oneline tidak hanya terpaut dalam satu metode dan beberapa cara yang dianggap lumerah oleh manusia yang sudah tertanam rapi dalam mindset kita. Dulu saya mengenal bisnis oneline hanya sebatas mode transaksi seperti pasar maya yang menyediakan barang kebutuhan manusia, dulu saya mengenal bisnis oneline yang hanya menawarkan model kerjasama dalam hal afiliasi, program PTC, menjadi publisher dan sejenisnya.

Sekarang saya mulai menyadari jika konsep yang saya pahami itu adalah jalan utama yang membuat kebanyakan orang gagal dalam memulai bsinis oneline.


Inilah 5 penyebab dasar kegagalan bisnis online berdasarkan pengamatan penulis:

1.      Tidak adanya relevansi informasi yang tepat dan akurat
Penyebab Dasar Kegagalan Bisnis Oneline
Inilah salah satu kelemahan internet, dimana setiap orang bebas memasukan informasi yang sesuai keingiananya. Terkadang kita menemukan judul yang sangat cocok dengan apa yang kita cari, namun ketika dibaca isinya hanya sebatas itu saja tanpa ada pemberian informasi yang jelas. Kondisi ini terkadang membuat kita terjebak dengan esensi bisnin oneline itu sendiri terlebih kita yang dijadikan obyek dalam mengembangakan bsinis orang lain.


2.      Kurangnya pemahaman tentang dunia maya
Jika anda baru dalam mengenal bisnis oneline maka saya sarankan jangan langsung terpengaruh. Kebanyakan sasaran empuk penipuan bisnis onelien adalah para peselancar yang masih awam dalam hal bisnis internet. Mudah diperdaya, mudah diprofokasi dan gampang dipengaruhi. Ini masuk dalam proses kegagalan yang timbul dari lingkungan internal kita.


3.      Tidak memikirkan mode penarikan kesimpulan (second opinion)
Jika anda sudah tertarik dalam sebuah bisnis oneline maka saya sarankan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang seluk beluk bisnis itu. Jangan anda sampai terjebak dalam kata kunci yang sama namun cobalah cari kata kunci negative tentang bisnis yang akan anda jalankan. Biasanya jika binis itu sudah terbukti berhasil maka anda akan menemukan ribuan bahkan jutaan orang yang mengulas tuntas tentang hal itu, jika masih jarang maka anda perlu memikirkanya lagi.

4.      Ikut-ikutan
Dulu saya juga mengalami hal seperti ini, melihat ada info orang bisa jadi jutawan melalui program ini dan itu al-hasil tanpa pikir  panjang saya mengikuti jejak mereka. Yang harus anda perhatikan adalah tanggal dan tahun posting tulisan yang and abaca. Jika tulisan yang and baca dituliskan 2 tahun yang lalu mungkin saja info itu benar dan siapa tahu di tahun ini perusahaan yang memegang kendali bisnis itu sudah bangkrut.

5.      Faktor ekternal
Faktor ekternal ini terlalu banyak, saya akan menyebutkanya satu persatu : Misalkan kurangnya pemahaman tentang pasar, tidak bisa meramalakan masa yang akan datang, kurang teliti dalam memilih model usaha, perusahaan bangkrut, pondasi awal dalam berbisnis masih belum matang, dan masih banyak yang lainya.
Semoga dengan bahasan ini anda tambah jeli dalam memulai bisnis oneline anda.