Kamis, 26 September 2013

10 Langkah Sukses Bisnis Oneline

Langkah Sukses Bisnis Oneline, Sukses Bisnis Oneline
10 langkah sukses bisnis onelineSelamat siang sahabat semua, kali ini saya akan mencoba membahas langkah-langkah jitu yang mungkin berguna buat sahabat semua, yah.. inilah tujuan saya ngeblog untuk berbagi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan serta pengamatan dilapangan. Memang saya belum bisa dikatakan sukses melakukan bisnis online karena saya cukup nyaman sebagai penulis lepas.

Jika ada anggapan tidak cocok kalian menuliskan sesuatu yang belum kalian lakukan, maka itu adalah anggapan yang keliru. Janganlah kita terbelenggu dengan paradigma lama yang membuat otak kita malas untuk berpikir, membuat jari kita malas untuk menulis, jika ada yang perlu dan dikira bermanfaat untuk dibagikan maka bagikanlah.

Bisnis oneline merupakan sebuah cara yang sangat simple yang bisa dilakukan oleh orang dengan berbagai macam tingkat, suku dan agama. Tidak perduli anda lulusan SD, SMP, Sarjana, jika ada koneksi internet dan barang yang mau dipasarkan bisnis oneline anda akan siap untuk dilaunching. Untuk memulai bisnis oneline ini tentunya tidak dengan cara yang sederhana dan sekedar masukan barang ke blog, media sosial, kemudian dipromisikan ini memang cara yang paling awam namun jika anda ingin mengetahui cara yang lebih professional maka simaklah ulasan dibawah ini sampai tuntas.


10 langkah sukses bisnis oneline

Lepas mistos tentang prinsip ekonomi
Ini adalah mitos yang sangat salah dan masih diajarkan sampai sekarang. Mungkin anda teringat ketika masa SMP dulu, diajarakan ilmu ekonomi dengan prinsip “ Mengeluarkan modal sekecil-kecilnya dengan mendapatkan hasil yang maksimal atau sebesar-besarnya”.Sampai sekarang prinsip ini masih terngiang di kepala saya, dan mulai sadar bahwa prinsip ekonomi yang seperti ini salah besar. Ini adalah prinsip yang mengajarkan anda untuk korupsi, bagaimana mungkin kita berusaha dengan seminimal mungkin namun berharap hasil yang maksimal, itu sangatlah konyol.
Yang tepat adalah kita harus mengeluarkan pengorbanan yang maksimal demi hasil yang maksimal juga. Sama halnya ketika anda mau membangun usaha oneline, baru memulai beberapa langkah sudah mengharapkan hasil seribu langkah, inilah yang kebanyakan membuat anda gagal. Semua hal yang kita lakukan akan berdampak pada hasil yang kita inginkan dengan catatan siap korban waktu dan tenaga bahkan modal sekalipun.

Pikirkan sebuah Inovasi
Inovasi adalah sebuah trobosan baru dimana anda harus mampu memutar otak anda untuk melihat perkembangan keingianan dan kebutuhan pasar, konsumen. Target utama kita berbisnis oneline adalah mencari pembeli yang banyak. Pembeli yang banyak tentunya tidak memiliki selera beli yang sama. Dalam poin ini cobalah anda mencari peluang bisnis oneline yang sekiranya langka dan banyak dibutuhkan oleh orang.

Utamakan kualitas produk
Produk, barang, adalah obyek utama yang akan kita jual. Sebisa mungkin yang namanya produk jangan sampai kualitas lebih rendah daripada harga, usahaka hal ini seimbang namun jangan juga kualitas lebih tinggi dari pada harga maka anda akan bangkrut. Khusunya bagi pemula bisnis onelien ada baiknya mengutamakan kualitas, jika para konsumen anda sudah terpikat dengan kualitas barang yang anda tawarkan mereka akan betah dan bukan tidak mungkin mereka akan bercerita tentang kualitas barang  anda dengan temanya dan ini adalah peluang untuk menambah link calon konsumen anda. Intinya kualitas nomer wahid.

Ikuti seminar loka karya
Seminar loka karya tentunya berbeda dengan seminar biasa apalagi training. Semniar loka karya bagi anda para calon pebisnis oneline tentulah sangat cocok. Seminar ini akan membahas apa yang anda inginkan dan menghasilkan sebuah produk yang berharga.

Perluas koneksi
Ini adalah trik lama yang sudah banyak diulas di internet,  konklusinya jika koneksi, link anda banyak maka calon konsumen yang akan melirik barang anda banyak juga. Ya..memang ada benarnya, namun tidak ada gunanya link yang banyak namun anda tidak paham cara memikat link anda untuk sejenak memperhatikan apa yang anda tawarkan. Ini adalah pengalaman saya pribadi, berapa banyak orang yang mengirimkan link daganganya melalui facebook, via email, namun hanya berapa persen yang memberikan respon ? kebanyakan mengira itu HOAX dan penipuan. Mungkin ada yang merespon namun hanya melampiaskan waktu luang dan tujuan iseng.

Jangan sering mendengarkan kata-kata motivasi
Jika anda ingin kuat dan tahan banting dalam mengembangkan bisnis anda maka tutup kuping anda dari kata-kata motivasi yang tidak jelas arahnya. Kata-kata itu cuman mampu mengetuk sisi kejiwaan anda beberapa jam atau hari saja. Jika sudah lupa maka tidak ada yang mempu menolong anda selain sebuah kerja keras dan ketekunan. 

Jangan lepas dari tehnik SEO
Ya..ini adalah modal pokok jika anda ingin usaha oneline anda dikenal oleh banyak orang. Biasanya orang akan mencari informasi lewat google, jika prodak anda mampu masuk pada pringakt 1, 2 dan 3 kemungkinan besar  para calon konsumen memilih barang anda. Namun tehnik SEO tanpa kualitas barang yang baik juga sama saja bohong.

Atur target pasar
Menentukan dan membidik target pasar konsumen sangatlah penting. Misalkan anda ingin membidik target pasar para wanita umur 18-23 tahun maka barang yang cocok untuk mereka apa dan kata-kata promosi yang tepat apa, semuanya harus terformat dalam pikiran anda.

Berikan iformasi yang jelas
Usahakan berikan calon konsumen anda informasi yang detail, jelas, dan tidak membingungkan. Jaman sekarang ini kasus penipuan lewat dunia maya sudah tidak asing lagi, para pengguna internet sudah tidak awam lagi dengan kasus ini. Jika anda manaruh informasi stengah-setengah pada web atau toko oneline anda maka terima saja pelanggan anda akan kabur dan mencari alternatif  yang lain.

Take action
Ini adalah langkah yang paling utama, jika anda sudah meyusun rencana ingin berbisnis oneline namun masih mengambang dalam sebuah konsep saja maka kapan anda akan sukses.

Semoga tulisan yang membahas 10 langkah sukses bisnis oneline kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua. 
Salam

3 komentar

sangaaat menginspirasi sekali artikelnyaa.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

sama-sama gan
makasih sudah mampir gan..
salam


EmoticonEmoticon