Mengenal Gejala Depresi

Setiap manusia pasti akan mengalami masa-masa terberat dalam hidupnya, kegagalan tidak akan mungkin luput meyelimuti kehidupan manusia. Tidak ada satupun manusia di dunia ini hidup sesuai dengan keinginanya, hidup bak roda yang berputar kadang dibawah dan diatas. 

Pada tulisan ini saya akan menyinggung sedikit masalah jiwa yang sering menimpa manusia dalam hidupnya, gejala ini tidak pernah memandang usia, jabatan, kekayaan, pangkat, suku, agama, ras dan Negara. Gejala ini populer disebuat "Depresi" .Banyak kita temukan ditengah masyarakat kita para manusia-manusia langganan depresi atau calon member depresi. Misalnya masalah cinta yang berkaitan dengan kehidupan remaja. Pacaran kemudian putus dan jatuh pada tekanan jiwa yang hebat dan mengakibatkan mereka depresi, hilang semangat hidup.

Sebenarnya masalah depresi karena putus cinta sangat sederhana sebab dan musababnya, sebabnya kareana dalam suatu hubungan terlalu ditekankan rasa ingin memiliki dan tidak siap untuk kehilangan. 
Berikut beberapa gejala depresi yang timbul secara umum.

Berpikiran Pendek
Orang yang depresi pada umumnya banyak yang berpikiran singkat. Pikiran singkat untuk tidak bercinta lagi padahal ia masih muda, berpikiran singkat untuk mengakhiri hidupnya padahal masih banyak yang menginginkanya hidup. Pikiran akan tertutup dengan rasa sedih, galau yang berkepanjangan, dan tidak heran banyak kita temukan salah satu pasangan nekat mengakhiri hidupnya. 

Kontrol Emosi Labil
Orang yang depresi akan susah untuk mengontrol dirinya, pikiranya sudah tertutupi oleh perasaanya yang kalut. Emosi cepat naik dan akan menimbulkan efek marah-marah yang tidak jelas arahnya.

Susah Tidur
Orang depresi tidak ada yang tidurnya nyenyak, hal ini terjadi karena otaknya selalu memproduksi pikiran-pikiran, khayalan-kahyalan dan rekaman memori yang tidak enak dirasakan dalam hatinya. Ketika hati menolak dan otak terus mengingat maka mata akan susah terpejam. Orang depresi pada umumnya kurus dan kurang giji. 

Merasa Tidak Berguna
Depresi pada dasarnya memiliki gejala yang sama, entah itu depresi karena cinta, hutang, jabatan, semuanya akan memberikan dampak yang serupa. Orang depresi tidak akan pernah menghargai dirinya sendiri, di otaknya hanya ada saya tidak berharga dengan masalah yang menimpa saya.

Mulai sekarang kenali gejala depresi ini dan dampaknya pada kehidupan anda. Semoga bermanfaat.