Kelemahan dan Kelebihan Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung

Komunikasi merupakan sebuah konsep penyampaian informasi kepada informan yang membutuhkan sebuah informasi dalam lingkup ruang dan berbagai kondisi. Penyampaian informasi terkadang memiliki kendala dalam prosesnya. Kendala-kendala inilah yang kebanyakan kurang dipahami oleh seorang informan.

Google image
Informasi yang baik tentu saja informasi yang tersampaikan dengan jelas, jelas maksud dan tujuanya serta mudah dipahami. Penyampaian informasi memiliki beberapa persi, baik informasi langsung maupun tidak langsung. Dalam informasi langsung biasanya tanpa perantara media alias face to face. Sedangkan informasi yang tidak langsung menggunakan sebuah perantara alat seperti Hp, Surat dll.
Informasi langsung dan tidak langsung memiliki kelamahan dan kelebihan masing-masing. Informasi secara langsung akan lebih real, terpercaya dan akurat namun kelemahnaya terletak pada sang informan dan penerima. Informan (yang menyampaikan informasi). Semua ini haruslah memiliki kecakapan yang baik dalam berbicara sehingga cord alias inti dari informasinya mudah dicerna dan dipahami oleh sang penerima informasi. Disisi lain kita menemukan informasi secara tidak langsung yang memiliki kelebihan waktu dan biaya, penyampaian informasi yang tidak langsung lebih mempersempit ruang dan jarak serta tidak banyak menyita waktu. Kelemahan dalam informasi tidak langsung ini biasanya terletak pada canal penghubung informasi, seperti gangguan sinyal dan cuaca yang tidak bersehabat.
Lepas dari kelebihan dan kelemahan kedua model penyampaian informasi ini, tentunya memberikan kita pilihan, apakah ingin menggunakan salah satunya atau kolaborasi. Tentunya kita akan memilih model yang sesuai dengan konten informasi yang kita samapaikan dan itu mutlak terjadi jika anda adalah orang yang bergelut dalam sebuah bisnis yang membutuhakan kecakapan dalam berinformasi untuk melancarkan kinerja dalam perusahaan atau usaha anda.
Yang terpenting dalam hal ini adalah bagaiamana cara kita meramal kapan harus menggunakan informasi langsung dan tidak langsung supaya semua rencana yang sudah tersusun tidak mengalami kendala yang berarti. Berikut beberapa cara supaya kita bias meramal kondisi kapan harus menggunakan informasi langsung dan tidak langsung.
1.    Jika anda bergelut dalam sebuah usaha yang bersekala besar maka saya sarankan memilih informasi secara langsung. Hal ini dikarenakan usaha yang besar tentu membutuhkan modal yang besar, maka sudah barang mutlak jika kita bertemu langsung dengan rekan bisnis kita supaya terjadi sebuah check and balance sekaligus meminimalisir terjadinya penipuan
2.    Jika anda adalah mahsiswa, pelajar maka lebih baik memilih informasi langsung. Intraksi antara mahasiswa dengan dosen, siswa dengan guru masih dalam ruang lingkup etika dan estetiak Penekanan sikap patuh dan rasa penghargaan harus anda pegang. Namun dalam sebuah kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka maka boleh-boleh saja menggunakan media seperti Hp, Email, Surat dll.
3.    Jika anda sepasang kekasih yang LDR. Maka lebih baik memilih media tidak langsung, selain menghemat biaya, disisi lain akan menimbun rasa kangen yang luar bias. Namun jika anda paksakan menggunakan media langsung maka anda harus mempertimbangakan biaya dan waktu. Apakah demi cinta anda rela menemui pacar meskipun jaraknya jauh ? Rugi ongkos dan menyita waktu, itupun jika anda berjodoh.
4.    Komunikasi tidak langsung juga efektif dilakukan dalam proses pertemanan. Ini akan lebih santai sambil mengisi waktu luang anda.
Dalam pembahasan yang singkat diatas, saya rasa pemaparan tentang kelemahan dan kelebihan komunikiasi langsung dan tidak langsung sudah tersampaikan. Jika anda belum mendapatkan kejelasan, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Kami senang berbagi informasi dengan anda.