Rabu, 22 Februari 2017

Contoh Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM - GT)


PROPOSAL
PROGRAM KREATIFITASMAHASISWA

IMAJINASI SISWA DAN NOVEL PEMBLAJARAN

Bidang Kegiatan:
PKM GAGASAN TERTULIS ( PKM-GT )
Oleh:
       UNIVERSITAS ….

      Dibiayai oleh :
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional
Sesuai dengan Surat Perjanjian Hibah Kreativitas Mahasiswa Tahun 2012
Nomor : 228/SP2H/PKM/DP2M/III/2011, Tanggal 20 Desember 2010

HALAMAN PENGESAHAN
1 Judul Kegiatan : IMAJINASI SISWA DAN NOVEL PEMBLAJARAN
2 Bidang Kegiatan      : PKM-GT3 Bidang Ilmu             : Sosial Ekonomi4. Ketua Pelaksana Kegiatana. Nama Lengkap                           :
b. NIM                                           : 09c. Jurusan                                        :
d. Universitas/Institut/Politeknik   :
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP : jalanf. Alamat email                               :
g. Tahun penulisan                         :
5. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis :
6. Dosen Pendampinga. Nama Lengkap dan Gelar          :
b. NIP                                             :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
Yogyakarta,  Feberuari

Menyetujui

Ketua Jurusan/Program Studi/                                                Ketua Pelaksana Kegiatan
Pembimbing Unit Kegiatan mahasiswa

(;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;)                                                               (;;;;;;;;;;;;;;;;;;;)
NIP.                                                                 NIM.

Pembantu atau Wakil Rektor Bidang                                      Dosen Pendamping
Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi,

(‘;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;)                                                         (;;;;;;;;;;;;;;;)
 NIP.                                                                                        NIP. 

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmatNya pada kita semua hamba-hambanya, sehingga penulis dapat menyusun sebuah gagasan demi kemajuan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Gagasan Tertulis “Imajinasi Siswa dan Novel Pembelajaran” dengan baik.
Semua  ini tidak akan selesai tanpa adanya bantuan dan dorongan dari semua pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.      Prof. Dr. Herminanto Sofyan selaku Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta
2.      Sugiharyanto, M. Si selaku Ketua Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
3.      Anik Widiastuti, M. Pd, selaku Dosen Pembimbing PKM
4.      Bapak dan Ibu tercinta yang telah mengorbankan segala-galanya demi terciptanya cita-cita ananda
5.      Teman-teman di UNY yang telah memberikan motivasi kepada penulis
6.      Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan akhir PKM ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Penulis menyadari bahwa gagasan tertulis yang telah disusun masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis mengharapakan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan Program kreativitas Mahasiswa bidang Gagasan Tertulis. Semoga program ini nantinya dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya sebagaimana yang diharapkan. Amin
Yogyakarta
, Feberuari 2012
RINGKASAN
Membicarakan pendidikan di Indonesia tidak akan ada habisnya, berangkat dari sebuah pengalaman dan fakta dilapangan yang menggores sektor pendidikan saat ini, menggerakan kami memutar otak untuk mencari smart solution dalam hal ini, mulai dari rendahnya kualitas guru, kurangnya sarana dan prasarana penunjang mutu pendidikan dan rendahnya minat belajar masyarakat kita. Tantangan dunia pendidikan yang semakin hari semakin menumpuk merupakan sesuatu yang perlu dibenahi, melalui gagasan tertulis ini, kami akan menyampaiakan sebuah saran dan solusi yang cukup sederhana demi sebuah kebangkitan semangat belajar siswa dan peningkatan mutu tenaga pendidik.
                        Imajinasi Siswa dan Novel Pemblajaran merupakan sebuah ide yang kami tawarkan kepada dinas pendidikan Indonesia, karena pada proses plaksanaanya bisa dibilang tidak memakan waktu, dan bernilai besar bagi perekembangan dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Imajinasi siswa yang dimaksud dalam judul diatas adalah berupa coretan kecil dalam rentan waktu satu semester yang dibuat oleh siswa itu sendiri, yang menyangkut : bagaiamana perasaan mereka setelah diajar oleh guru (y) misalkan, kemudian apakah ada keluhan dan kesulitan yang mereka alami, ini adalah garis besar yang akan kami ajukan kepada siswa, khususnya tingkat SLTP ke atas. Dari coretan yang telah mereka buat, dengan sedikit sentuhan kreasi, kemudian dikumpulkan menjadi sebuah satu dokumen, dan kami menamkanya “ Novel Pemblajaran”.

I. PENDAHULUANA.    LATAR BELAKANG MASALAH
Dengan didasari oleh perkembangan zaman yang telah berkembang dengan begitu pesat maka dari dasar itu kelompok kami menyusun sebuah gagasan pokok dalam perkembangan pendidikan saat ini. Gagasan yang memuat sebuah ide kreatif yang mengkolaborasikan beberapa kemampuan, seperti kemampuan menulis dan berfikir, dalam gagasan yang berjudul imajinasi siswa dan novel pemblajaran ini, kami memiliki harapan akan timbulnya siswa-siswa dan tenaga pendidik yang mencintai sebuah karya, memiliki jiwa fiksi dan kreasi yang tinggi.Kelemahan pendidikan di Indonesia membuka mata kami untuk terjun dan memberi gagasan dan implementasi dalam membongkar satu demi satu permasalahan itu, dan menurut kelompok kami permasalahan itu timbul tidak lain dari kurangnya cara, kurangnya ide untuk mengembangkan sebuah pemblajaran yang menarik, simple dan bernilai ekonomi tinggi. Melalui gagasan ini, kami memiliki keyakinan bahwa dunia pendidikan akan menemukan taringnya kembali dengan cara simple dan berilian.( kurang data statistik )
B.     TUJUAN DAN MANFAAT YANG INGIN DICAPAI
             Dari masalah – masalah yang telah dirumuskan, maka dapat diketahui tujuan dari gagasan ini, yaitu,1) Memunculkan sebuah inovasi dan kreasi dalam proses belajar2) Meberikan wadah bagi peserta didik untuk menyalurkan uneg-uneg mereka\3) Memberdayakan kemampuan siswa dalam menumbuhkan kompetensi guru4) Manfaatnya, menambah pundi-pundi kekayaan ( nilai ekonomis)5) Pemahaman ganda berupa seni dan pendidikan

GAGASAN
Program kreatifitas mahasiswa yang dicetuskan oleh DIKTI yang bertema (gagasan tertulis) merupakan sebuah kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk menuangkan ide yang mereka miliki, melalui kesempatan ini kami menawarkan sebuah gagasan yang berjudul “ imajinasi siswa dan novel pembalajaran” gagasan ini terilhami dari pengalaman belajar dan kondisi siswa serta guru saat ini, selain itu gagsan ini kami peroleh dari kecintaan kami terhadap dunia tulis menulis, baik jurnalistik sosial,politik

 dan fiksi, dengan latar belakang ini kami mencoba mengkolaborasikan kekuatan bangku sekolah dan kekuatan fiksi yang berupa Novel dalam sebuah cara mengajar dan menjadikan novel sebagai buku pemblajaran yang menarik bagi siswa dan bermanfaat bagi peningkatan mutu seorang guru, mengingat guru juga ditutuntut untuk bisa menghasilkan sebuah karya, dan kami memiliki sebuah visi, yaitu: guru Indonesia merangkap kemampuan sebagai seorang pengarang Novel, misalkan sekelas andrea hirata.
Solusi yang berupa gagasan ini baru pertama kali kami cetuskan, dengan berjuta harap akan terrelisasikan, dengan senang hati kami akan menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam mewujudkan gagasan ini, gagasan yang mungkin baru pertama kali dicetuskan di Indonesia, mengapa tidak, sebuah novel hasil dari imajinasi siswa disekolah, terkempul dengan mudahnya menjadi sebuah karya sastra berniali tinggi. misalakan jumlah siswa disuatu sekolah mencapai 300 orang, maka lembar demi lembar novel pembalajran yang akan terkumpul sebanyak 300 lembar, begitu seterusnya.


Apabila ditanyakan sebarapa jauh kami menginginkan gagasan kami ini diimplementasikan, jawaban kami hanya satu, secepat mungkin. Melalui sebuah lomba karya ilmiah ini, harapan besar kami sampaikan langusung ke Dinas pendidikan, dan seandainya gagasan kami ini sampai terbengkalai dan mentok ditengah jalan, maka saya berjanji, gagasan kami ini akan kami realisasikan ketika kami berada dikelas dan menjadi tenaga pengajar nantinya.
Tentunya dalam mewujudkan gagasan ini, kmai mebutuhakan kerjasama beberapa orang, selain siswa kami juga membutuhkan kinerja guru yang sanggup menyusun gagasan kami ini, menjadi sebuah Novel pembalajaran dan sedikit meminta bantuan seniman dalam mempoles novel pembalajran ini menjadi sebuah novel yang berbau fiksi namun berisi realita dunia pendidikan di Indonesia.

Adapun langkah-langkah konkrit yang akan kami lakukakn dalam hal ini adalah:
Ø  Membutuhkan peran siswa untuk menuliskan apa yang mereka rasakan seprti uraian ditas
Ø  Kami akan membatasi, setiap siswa menuliskan pengalamanya maksimal satu lembar kertas, bagi siswa yang memiliki bakat menulis, jumlah lembar kertas tidak dibatasi
Ø  Mengumpulkan hasil
Ø  Melakukan sebuah riset dari tulisan
Ø  Mengumpulkan menjadi sebuah judul dalam sub bab
Ø  Merangakai secara sistematis, sehingga memiliki alur yang jelas
Ø  Proses editing
Ø  Ajukan ke penerbit
Ø  Jadilah sebuah novel yang berjudul “ imajinasi siswa dan novel pembalajaran”
Ø  Konsumsi, siswa, guru, dan masyarakat umum
Rancangan dan langkah-langkah diatas, bagi kami cukup simple, semoga terrealisasikan.

C.    KESIMPULAN
1.      Gagasan yang Kami Ajukan
Secara garis besarnya, gagasan yang kami ajukan ini memiliki esensi dan nilai pendidikan, karena kami merancang sebuah gagsan ini berangkat dari sebuah latar belakang kami, sebagai mahasiswa FIS di Universitas Negri Yogyakarta, background yang menempel sebgai calon guru dan memiliki tugas mengjar dan mendidik anak-anak bangsa adalah tugas pokok kami, namun disamping itu menghasilkan inovasi dalam dunia pendidikan merupakan sebuah tantangan yang harus kami laksanakan.
Gagasan yang kami beri judul “ imajinasi siswa dan novel pendidikan” merupakan sebuah gagasan dengan maksud utama yaitu, adanya sebuah evaluasi real yang akan diemban oleh seorang guru maupun dosen, evaluasi ini tertera dalam lembar demi lembar sebuah novel pemblajaran yang notebenenya adalah hasil dari keluh dan kesah anak didik mereka sendiri.
Keunggulan gagasan kami ini,apabila di wujudkan dalam sebuah karya salah satunya adalah, terjalinya ikatan psikologis dan rasa melengkapi antara guru dan siswa, menghilngkan rasa jenuh dalam belajar khususnya mengepaluasi keadaan kelas, serta menambah pundi-pundi kekayaan dalam bentuk penjualan novel pemblajaran.Selain itu, gagasan ini lahir dari rasa perihatin terhadap generasi muda bangsa ini, para remaja yang mulai gemar membaca novel cinta dibandingkan modul pemblajaran, lebih suka menonton filem dibandingkan berita, dari sini kami bermimpi apabila sudah terbit sebuah novel, maka skenario filem akan gampang tercipta dan sekaligus novel pemblajaran dan filem pembalajaran, insyaallah akan kita jumpai diakhir tahun ini.
2.      Teknik implementasi
3.      Prediksi hasil yang akan diperoleh
D.    Bagian akhir
1.      Daftar pustaka
2.      Daftar riwayat hidup
- nama lengkap,- tempat dan tanggal lahir,- karya-karya ilmiah yang pernah dibuat,- penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih..Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data daninformasi lainnya yang mendukung isi tulisan.