Pengertian Biaya Oportunitas

Pengertian Biaya Oportunitas - Seiring perkembangan zaman, pertumbuhan negara-negara di Dunia semakin jauh meninggalkan era sebelumnya. Pertumbuhan yang semakin pesat, perbedaan kebutuhan dan adanya timbal balik yang berbentuk simbiosis mutualisme antar negara-negara di Dunia menyebabkan timbulnya banyak opsi yang harus dipilih oleh negara-negara tersebut.


Pilihan-pilihan itu muncul ketika dihadapkan pada tatanan nilai baru dan dipaksa menghasilkan trobosan-trobosan baru dalam berbagai bidang, misalkan dalam hal produksi. Negara Indonesia kurang mampu menghasilkan mobil, motor yang mamapu bersaing dengan kendaraan buatan jepang, yang lebih murah dan awet. Situasi ini akan memaksa indonesia untuk mendatangkan motor-motor buatan jepang dan negara-negara lainya, sebgaia gantinya Indonesia mensuplai TKI ke jepang dan negara lainya. Kecendrungan inilah yang disebut dengan biaya oportunitas.

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap masyarakat dapat berbeda dalam hal siapa yang menentukan pilihan dan bagaimana pilihan tersebut ditentukan. Hal ini akan bergantung pada sistem perekonomian yang dianut oleh suatu masyarakat. Walaupun demikian, kebutuhan untuk memilih berlaku umum untuk semua masyarakat. Jika kelangkaan mengharuskan adanya kebutuhan memilih, pilihan secara tidak langsung menandakan adanya biaya. Artinya, keputusan untuk memproduksi sesuatu lebih banyak memerlukan keputusan untuk memproduksi sesuatu yang lain lebih sedikit. Lebih sedikitnya memproduksi sesuatu yang lain dianggap sebagai biaya memproduksi sesuatu lebih banyak. Dengan demikian, muncullah apa yang dinamakan biaya oportunitas.

pengertian biaya oportunitasDengan adanya perbedaan kebutuhan antar negara akan menimbulkan sebuah kerjasama dalam bidang-bidang tertentu yang sesuai dengan backgraund masing-masing negara tersebut. Misalkan amerika serikat yang memiliki kecendrungan menguasai dalam bidang militer, maka dengan sendirinya negara-negara yang memiliki kebutuhan akan pesawat perang, senjata-senjata berat lainya akan menjalin sebuah pertukaran dan pada akhirnya menimbulkan apa yang dinamakan dengan biaya oprtunitas juga. Dalam wacana ini dapat disimpulkan bahwa biaya oportunitas akan muncul apabila dihadapkan dengan pilihan, jika membeli pralatan perang maka hilanglah kesempatan untuk membeli pesawat perang dan sebaliknya.

Kesimpulan :
Dengan adanya problematika biaya oportunitas yang harus dilakoni oleh semua negara, maka akan menimbulkan sebuah ketergantungan dan keterkaitan. Dengan berdasarkan hal inilah maka perdagangan antar negara wajib dilakukan.
Baca Juga :

Daftar Negara Maju dan Berkembang
Bukan hanya manusia saja mahluk zoonpoliticon namun negara dengan segala aspek kesatuanya juga termasuk mahluk sosial yang tidak bisa menciptakan kebutuhanya sendiri secara serta-merta.